Pj Bupati Hadiri Pembukaa. Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP dan DPS
Terjemahan

AmpenanNews. Menghadiri pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Tingkat Kabupaten Lombok Timur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur Tahun 2024, Penjabat (Pj.) Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengingatkan bahwa kesuksesan Pilkada mendatang ditentukan kesuksesan setiap tahapannya, termasuk terkait daftar pemilih.

“Masyarakat tahunya hari-H saja, padahal kesuksesan hari-H itu ditentukan oleh proses sebelumnya,” ungkapnya.

Selain itu diingatkannya pula bahwa kualitas Pemilu diantaranya ditentukan oleh semakin kecilnya pelanggaran,

”semakin kecil pelanggaran, semakin baik,“ jelasnya.

Karena itu ia berharap untuk saling mengingatkan dalam proses Pilkada ini. Menurutnya komunikasi yang baik antar seluruh elemen dan pemangku kepentingan harus berjalan agar nantinya menghasilakn Daftar pemilih Tetap (DPT) yang berkualitas dan pada akhirnya menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi.

Baca Juga :  Kelompok Satu KKN Tematik Unram Gelar Penyuluhan Ibu Hamil Menyusui dan Hipertensi di Desa Maringkik

Pemda Lombok Timur, diterangkan Pj. Bupati, terus mendorong perekaman KTP sehingga masyarakat yang memiliki hak pilih namun tidak atau belum terdaftar dapat diakomodasi haknya. Di sisi lain Pemda juga telah menuntaskan kewajibannya terhadap penyelenggaraan Pilkada.

Tidak jauh berbeda, Kapolres Lombok Timu AKBP Hariyanto berharap kerja sama yang baik, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi untuk memcahkan segala persoalan yang muncul.

Dengan demikian penyelenggaraan Pilkada aman, nyaman, dana damai dapat diwujudkan. Ia pun menegaskan komitmen Polres Lombok Timur mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada di daerah ini. Termasuk dengan menyiapkan pola-pola tertentu sebagai langkah antsisipasi.

Sementara itu Ketua KPU Lombok Timur Ada Suci Makbullah, pada kegiatan yang berlangsung Sabtu (10/8) tersebut memaparkan saat ini sejumlah tahapan Pemilu tengah berlangsung, di mana salah satunya adalah pemutakhiran data pemilih. Dijelaskannya dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 974.932 jiwa jumlahnya menjadi lebih dari satu juta jiwa. Anmun demikian setelah adanya proses klinis angkanya menjadi 995.477 dengan jumlah TPS 1.912 ditambah satu TPS khusus. Jumlah itu bertambah 16 TPS dari sebelumnya.

Baca Juga :  Lombok Timur Jalin Kerjasama Hasil Pertanian dengan Kabupaten Jember

Ditambahkannya, usai pleno hari ini jumlah pemilih dapat berkurang atau bertambah seiring masukan, saran, dan perbaikan yang diajukan.

Hadir pula dalam rapat Rapat pleno tersebut KPU Provinsi NTB, Perwakilan Kejaksaaan Negeri, Bawaslu, PPK, serta perwakilan partai politik.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments