Pemda Lotim Gelar Upacara HUT RI ke 79 Berlangsung Khidmat
Terjemahan

AmpenanNews. Memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Timur menggelar upacara bendera yang berlangsung khidmat pada Sabtu (17/8). Upacara ini diselenggarakan dengan penuh semangat nasionalisme dan diikuti berbagai elemen masyarakat, mulai dari ASN, TNI, Polri, tokoh veteran, organisasi wanita, organisasi pemuda, organisasi masyarakat, pelajar dan berbagai unsur lainnya.

Tema peringatan HUT RI tahun ini yaitu Nusantara Baru, Indonesia Maju, mencerminkan harapan dan semangat baru dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang semakin kokoh di era modern. Tema tersebut mengandung makna bahwa dengan persatuan dan sinergi di seluruh Nusantara, Indonesia akan terus maju menuju masa depan yang lebih baik, dengan semangat perubahan dan inovasi yang kuat.

Baca Juga :  Sidak Danlanal Mataram ke Posal Lombok Timur

Penjabat (Pj.) Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur. Kapten Infantri Mahfud yang menjabat sebagai Danramil Terara menjadi Komandan Upacara.

Paskibraka yang bertugas pada pengibaran bendara adalah Agnini Bihalalika Putri (MAN 1 Lombok Timur) sebagai pembawa baki, dan pengibar bendera yaitu Sacca Caesar Abimanyu (SMAN 1 Selong), Muhammad Alfay Abyan Arloncy (SMAN 1 Selong), serta Ahmat Ali Tamrin (SMAN 1 Masbagik)

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan remisi umum kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selong. Remisi ini merupakan hak warga binaan yang diberikan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Secara simbolis, remisi tersebut diserahkan oleh Pj Bupati Lombok Timur, didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Selong, Pj. Sekretaris Daerah Lombok Timur, Ketua DPRD Lombok Timur, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Lombok Timur.

Baca Juga :  AKI di Kabupaten Lombok Timur Mengalami Peningkatan

Selain itu, diserahkan pula penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu Program Kampung Iklim kepada tiga dusun yang dinilai telah berhasil dalam upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat. Tiga dusun tersebut adalah Dusun Kokok Pedeq Desa Sugian Kecamatan Sambelia, Dusun Sapit Desa Sapit Kecamatan Suela, dan Dusun Baran Tapen Asri Desa Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya. Program Kampung Iklim bertujuan mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Pj. Bupati, Pj. Sekda, dan Forkopimda selanjutnya menuju Ballroom Kantor Bupati untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi dari Ibu Kota Nusantara (IKN). Tak kurang dari 400 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga turut menyaksikan upacara tersebut. Pj. Bupati pun menyampaikan apresiasinya atas kehadiran PPPK yang dengan bersemangat mengikuti upacara hingga selesai. Ia pun sempat berbagi kondisi terkini IKN hasil lawatannya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Kabulkan Permintaan, Pemkab Akan Revisi Perda RTRW No.2 Tahun 2012

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments