Pembukaan Tradisi Budaya Peresean Puspe Warne Korwil Laskar Sasak Batu Layar
Terjemahan

AmpenanNews.Pembukaan pertandingan tradisi budaya peresean “Puspe Warne ke lll ” Kordinator Wilayah (Korwil) Laskar Sasak Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat yang diketuai oleh Rusdi atau Siluman Batu Layar, telah dimulai, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, pada hari Minggu 25/08.

Tradisi peresean Puspe Warne ke lll kali ini, dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat Lalu Abdurrahirm, Spd. MH. bersama Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Laskar Sasak, Lalu M Ali Sadikin, Spd., dengan adu ketangkasan tanding dalam arena sebagai tanda peresean telah dimulai.

Kesempatan itu pula Ketua DPP Laskar Sasak Miq Denta, sapaan akrabnya, menyampaikan agar para pepadu atau para pendekar sasak dalam melaksanakan peresean ini agar menjunjung tinggi sportifitas sesama pepadu karena warisan budaya ini harus kita jaga bersama.

Baca Juga :  Positif Wabah Covid-19 Lobar Berpotensi Untuk Bertambah

” Peresean ini dilaksanakan setiap tahun oleh Korwil Batu Layar, jadi salah satu kerja kongkrit Laskar Sasak sampai lapisan bawah, bahwa kami selalu menjunjung tinggi adat budaya maupun tradisi. itu yang kita tanamkan kepada seluruh pengurus maupun anggota laskar sasak karena mereka merupakan benteng terdepan dalam melestarikan adat budaya dan tradisi suku sasak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pembina Kebudayaan Provunsi NTB, juga menegaskan pula bahwa pelaksanaan Persean Puspe Warne ke lll ini bukan semata mata untuk melestarikan budaya saja akan tetapi sebagai ritual tradisi suku bangsa sasak.

” Tiang mengapresiasi kepada Laskar Sasak Khususnya Korwil Batu Layar yang menyapa kita semua untuk memberikan sentuhan budaya. Walaupun terlihat ritual ini seakan akan sangat horor karena saling pukul akan tetapi pada akhir prosesi adat ini, akan nampak sebagai penguat tali silaturrahmi para pepadu dan pendekar bangsa sasak,” ucap Miq Jagat sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Polres Lobar Kedepankan Tindakan Preventif dan Humanis dalam Operasi Paruh Gatarin 2020

Siluman Batu Layar sapaan akrab Rusdi sebagai Korwil Laskar Sasak berterimakasih atas kehadira Ketum DPP dan Kabid Kebudayaan di acara Puspe Warne lll.

” Matur Agung Tampiasih atas kerauhan beliau diacara kami ini, semakin menambah marwah acara ritual adat peresean ini,” tutup Siluman Batu Layar.

Dalam Presean tersebut yang digelar secara gratis untuk masyarakat umum dihadiri pula oleh Pengurus DPD Laskar Sasak se Pulau Lombok, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, begitu juga para Babinsa  serta Bhabinkamtibmas.

keseruan ritual tersebut ada di

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments