Desa Pulau Maringkik sebagai Desa Wisata Kepulauan di Kabupaten Lombok Timur
Terjemahan

Mengenal Desa Pulau Maringkik sebagai Desa Wisata Kepulauan di Kabupaten Lombok Timur : KKN PMD Universitas Mataram Mengenalkan Jasa Efektif Tour Eisata Teluk Jukung.

Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 Periode Juli-Agustus mengadakan sosialisasi mengenai Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial dengan tema KKN yaitu “Strategi Peningkatan Kunjungan Wisatawan Melalui Optimalisasi Potensi dan Promosi Wisata Efektif di Desa Pulau Maringkik”.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan gambaran bagaimana promosi melalui media sosial ditujukan kepada para Boatman, Penenun dan Pedagang di Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pada hari Rabu ( 10 / 07 / 2024),

Agus, Sekertaris Desa Pulau Maringkik, menuturkan Potensi wisata yang ada di Desa Pulau Maringkik sangat besar terutama Pulau Pasir, Pasir Panjang dan atraksi wisata di Pulau Maringkik seperti Pembuatan Tenun, Madak, Mencirok, dan Nyelamak Dilaok.

Baca Juga :  Stock Beras Bulog Lotim Aman Hingga Tiga Bulan Kedepan

Selain itu, kuliner khas Pulau Maringkik juga seperti Tumpi, Palu Butung, Barongko, Kue Putu dan Palu Mara. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengenal keberadaan destinasi, atraksi maupun kuliner khasnya tersebut, dan promosi di media sosial masih menjadi kendala dalam memperkenalkan destinasi wisata.

Maka dari permasalahan tersebut kami Mahasiswa KKN membuatkan program tour wisata di Teluk Jukung dengan bebarapa destinasi yang ada di Lombok Timur dengan rute Pantai Pink 1, Gili Petelu, Snorkeling, Pantai Pink 2, Pantai Pink 3, Pulau Maringkik untuk melihat atraksi wisata adan makanan khas, Pulau Pasir, dengan cara membuatkan papan plang tour wisata di Pelabuhan Tanjung Luar, brosur, pamflet, buku tentang Desa Pulau Maringkik dan video yang di posting di media sosial.

Baca Juga :  Kapolda, Danrem dan Wakajati Bicara Capaian Pembangunan NTB Setahun Zul - Rohmi

Putu, Mahasiswa Universitas Mataram menuturkan program tour wisata ini akan kami buatkan akun media sosial untuk promosi seperti tiktok, instagram, facebook dan youtube dengan mengambil video di semua rute wisata dengan pengambilan video menggunakan drone agar lebih menarik masyarakat dan wisatawan.

Sebelumnya pada program ini kami akan mempromosikan melalui para influenser juga. Wardia, Mahasisawa kkn unram lainnya dari kelompok 3 berpendapat bahwa promosi tour wisata ini akan lebih efektif dengan meminta bantuan promosi melalui Puteri Mandalika, Puteri NTB, dan Puteri Pariwisata karena mempunyai relasi yang lebih luas di media sosial.

Salah satu tokoh masyarakat yang menghadiri sosialisasi mengatakan “ Program kerja ini sangat menarik dan saya sangat setuju tentang rute tour wisatanya.

” Saya harap untuk kedepannya akan berkelanjutan, saran dari saya mungkin untuk menunjang program ini agar lebih menarik lagi dibutuhkan penyelaman kembali untuk mencari lokasi terumbu karang yang lebih menarik untuk lokasi snoreklingnya di Gili Petelu,” ungkap Pak Zaenuddin ( 10/07/2024 )

Baca Juga :  Bupati Lotim Ingatkan OPD dalam Rapat Koordinasi

Setelah melakukan sosialisasi, mahasiswa melakukan diskusi dengan para boatman terkait design dan isi dari brosur papan promosi yang akan ditempatkan di Tanjung Luar, dan diskusi dengan ketua kelompok bunga maringkik yaitu Ibu Naimah untuk dokumentasi cara pembuatan tenun khas Desa Pulau Maringkik dan makanan khas Desa Pulau Maringkik yang menjadi atraksi wisata.

Sumber : Tim KKN PMD Universitas Mataram Periode Juli-Agustus 2024
Penulis: Baiq Anggi Yunistia ( FHISIP ), Putu Anugerah Krisnawan (FAPERTA), Sultanfat Faisal (FHISIP), Ni Putu Sinta Dewi ( FEB ).

Dosen Pembimbing : RR. Cahyowati,

Tim KKN PMD Unram Periode Juli-Agustus 2024 Desa Pulau Maringkik, Keruak, Lombok Timur, NTB.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments