Pj Bupati Lotim Buka Gawe Gubuk dan Kick Off Program Berani ll
Terjemahan

AmpenanNews. Salah satu strategi mengawali tugas menjadi Penjabat Bupati adalah mengundang banyak Non Government Organisation (NGO) atau disebut LSM. LSM menjadi organisasi yang banyak membantu pemerintah. Hal itu diakui Penjabat Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik sewaktu membuka kegiatan Gawe Gubuk sekaligus Kick Off Program Better Sexual and Reproductive Health and Rights For All in Indonesia (Berani) II, Selasa (14/5) di Kantor Desa Lendang Nangka Utara.

Penjabat Bupati juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan secara kolaboratif melibatkan OPD lingkup kabupaten Lombok Timur itu. Ia berharap model yang diterapkan pada kegiatan tersebut dapat direplikasi untuk pembangunan di sektor lainnya.

Terkait perkawinan usia anak Pj. Bupati menyebutnya menimbulkan berbagai dampak. Selain stunting yang terus berupaya ditekan kasus perceraian dinilai menjadi salah satu dampak perkawinan usia anak. Karena itu ia mengingatkan untuk bersama mencegah perkawinan usia anak. Ia pun berharap kepala desa, dan seluruh OPD yang terlibat dalam program Berani II, selain dapat mengawal program itu dan memastikannya berjalan dengan lancar, juga mempelajari model pelaksanaannya sehingga bisa diaplikasikan dalam pembangunan yang lain. Selain itu memperkuat sinergi juga diharapkan Pj. Bupati Juaini.

Baca Juga :  Mulai Oktober Akan Ada Akses Internet Murah di Lotim

Program Berani II merupakan replikasi dari Berani I yang dilaksanakan tahun 2022 dengan penekanan diantaranya pada peningkatan kapasitas pelayanan anak, dan penguatan koordinasi untuk pencegahan perkawinan anak. Pernikahan anak menjadi prioritas yang sedang dilakukan oleh pemerintah dan menjadi salah satu tujuan RPJMN.

Selain di Lombok Timur Program Berani sebelumnya telah dilakukan di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara. Ada lima desa yang menjadi dampingan LPA NTB di Lombok Timur, yaitu desa Jurit dan Aik Dewa di kecamatan Pringgasela serta desa Lendang Nangka, Lendang Nangka Utara dan Paok Motong di kecamatan Masbagik.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan komitmen bersama Pencegahan Perkawinan Anak Layanan Integrasi Dukungan Anak (Gawe Gubuk). Kegiatan ini merupakan kerja sama Pemda Lotim dengan LPA NTB dan Unicef serta Pemerintah Kanada.

Baca Juga :  Pemilihan Ulang di 2 TPS di Kabupaten Lombok Timur, ini Faktanya.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments